Asam Folat Juga Meningkatkan Perkembangan Emosional Anak

Asam folat merupakan salah satu zat yang sangat penting bagi ibu hamil dan perkembangan otak janin. Jangan abaikan konsumsi asam folat selama kehamilan. Jika janin kekurangan asam folat saat awal kehamilan efeknya bisa fatal. Asam folat tidak saja bermanfaat bagi perkembanagn otak janin tapi juga buat sang ibu. Selain itu, ternyata asam folat tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan otak janin saja, asupan suplemen asam folat selama kehamilan juga bermanfaat pada psikologis anak-anak.

Dilansir dari laman Boldsky penelitian Tony Cassidy, profesor di Irlandia Utara yang dipresentasikan dalam konferensi tahunan British Psychological Society di Brighton, Inggris menunjukkan bahwa ibu yang mengkonsumsi asam folat selama hamil anaknya mempunyai tingkat kecerdasan emosional dan daya tahan yang lebih tinggi. Mereka lebih mampu mengekspresikan emosi, membangun hubungan yang lebih kuat dan dapat mengatasi stres dengan lebih baik.

Hasil penelitian ini berdasarkan analisa tim yang meminta orang tua dari 39 anak untuk menjawab pertanyaan tentang kepribadian anak mereka, termasuk daya tahan, hubungan dengan orang lain dan bagaimana mereka mengekspresikan emosi mereka. Dalam penelitian ini terdapat 22 ibu yang mengkonsumsi asam folat selama hamil dan 19 lainnya hanya mengkonsumsi selama 3 bulan pertama saja.
Ibu hamil sebaiknya konsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram (mcg) asam folat sebelum dan selama kehamilan. Hal ini dapat mencegah cacat lahir pada otak bayi dan sumsum tulang belakang.

Jika pada penelitian sebelumnya menunjukkan suplemen asam folat yang dikonsumsi selama 3 bulan pertama kehamilan dapat memberi dampak positif pada perkembangan otak anak. Maka jika ibu mengkonsumsi asam folat selama kehamilan hasilnya tak hanya bagus untuk perkembangan otak anak tapi juga perkembangan psikologis dan daya tahan anak juga baik bagi kesehatan ibu tentunya.

Jangan takut kesulitan mencari sumber asam folat. Asam folat dapat ditemukan pada makanan seperti kacang-kacangan, alpukat, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, asparagus, jeruk, stroberi, pisang, telur, ikan dan daging.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s